Pilar Saga: Ekonomi Kreatif Kunci Majukan Kota Tangsel

Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan dalam acara TEDx UPJ Urban Talks pada Kamis (7/3/2024). (Foto: Ist)
Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan dalam acara TEDx UPJ Urban Talks pada Kamis (7/3/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka – Ekonomi kreatif menjadi faktor penting untuk membangun ataupun memajukan perkotaan.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsan dalam acara TEDx UPJ Urban Talks pada Kamis (7/3/2024).

“Tadi yang saya sampaikan bahwa memang membangun sebuah kota tentu saja kota itu harus memiliki identitas atau memiliki jiwa. Kota adalah raga, harus memiliki jiwa, di mana salah satu kekuatannya adalah ekonomi kreatif ataupun kreativitas manusia di dalamnya,” ujar Pilar.

Menurut Pilar, ekonomi kreatif menjadi sektor penting yang sangat diperhatikan dan menjadi bagian dari strategi Pemkot untuk memajukan Kota Tangsel. Ia menilai upaya memajukan ekonomi kreatif memiliki dampak cukup signifikan buat Tangsel.

“Oleh karena itu, penting sekali, Pemerintah Kota Tangerang Selatan untuk terus mendorong industri kreatif di Kota Tangerang Selatan bisa terus berkembang. Ini berkaitan dengan ilmu, budaya, ekonomi, dan lain sebagainya, untuk kemajuan Tangerang Selatan,” kata Pilar.

Guna memperkuat ekonomi kreatif di wilayahnya, Pemkot Tangsel perlu bersinergi dan berkolaborasi dengan sejumlah pihak. Salah satunya, berkolaborasi dengan anak-anak muda. 

“Tentu saja, melakukan ini tidak bisa sendiri. Butuh waktu, tenaga, pikiran, dan komitmen bersama. Bagaimana semua komunitas di Tangerang Selatan, termasuk anak-anak mudanya yang bergerak di bidang ekonomi kreatif, bersama-sama membangun apa yang kita mau, baik pengembangannya atau produk dan jasa apa yang harus kami tawarkan kepada konsumen ataupun publik. Dan juga infrastruktur apa yang harus disiapkan,” kata Pilar.

Sejauh ini, Pemkot Tangsel juga sudah menyediakan sejumlah fasilitas untuk mendukung para pelaku ekonomi kreatif di wilayahnya. Termasuk memfasilitasi mereka dengan public space.

“Public space itu menjadi sebuah meeting point, untuk tempat bertukar pikiran para pelaku ekonomi kreatif ataupun mengaktualisasi diri potensi yang mereka punya. Kami berikan ruangnya untuk mereka,” tutur Pilar.

Lalu juga diberikan tempat pelatihan bagi para pelaku ekonomi kreatif seperti creative hub. Tujuannya, supaya mereka bisa melakukan penajaman potensi mereka untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

Pada kesempatan itu, Pilar juga mengungkapkan rasa syukurnya bisa hadir di forum TEDx UPJ Urban Talks. Ia mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan untuk membagikan pengalaman mengenai pembangunan perkotaan, khususnya di Kota Tangerang Selatan.

“TEDX ini forum yang sangat luar biasa. Saya senang hadir di dalamnya untuk memberikan sedikit pandangan. Mungkin kalau dibandingkan para narasumber yang luar biasa, saya masih banyak sekali harus belajar. Tapi, inilah momen kami bersama-sama berdiskusi, saling belajar, saling mengambil pengetahuan dari para expert yang ada di bidang masing-masing,” ujarnya.

TEDx UPJ Urban Talks diselenggarakan di Gedung Universitas Pembangunan Jaya pada Kamis, 7 Maret 2023. Acara tersebut digelar untuk membahas tentang kajian perkotaan berperan penting dalam memperkuat kolaborasi dan pertukaran ide, serta jejaring dalam kajian urban.

Acara ini dihadiri oleh narasumber-narasumber terpercaya. Selain Pilar, hadir juga pembicara terkemuka Psikolog dan Motivator Eileen Rachman, Ahli Bahasa Ivan Lanin, dan Content CreatorAldo Giustino.https://akuitwet.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*